Monday 11 May 2015

Thesis: Kajian Semiotik dan Nilai-Nilai Religius Islami Puisi Sapardi Djoko Damono dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di MTs.

Kajian Semiotik dan Nilai-Nilai Religius Islami Puisi Sapardi Djoko Damono dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Sastra di MTs. Cikajang Garut.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana struktur puisi Dalam Doa: I, Sajak Desember, Perahu Kertas, Dalam Doaku, Hatiku Selembar Daun, dan Hitam Berkata karya Sapardi Djoko Damono? (2)Bagaimana nilai-nilai religius puisi Dalam Doa: I, Sajak Desember, Perahu Kertas, Dalam Doaku, Hatiku Selembar Daun, dan Hitam Berkata karya Sapardi Djoko Damono. (3) Bagaimana kesesuaian puisi Dalam Doa: I, Sajak Desember, Perahu Kertas, Dalam Doaku, Hatiku Selembar Daun, dan Hitam Berkata karya Sapardi Djoko Damono sebagai bahan pembelajaran sastra di MTs.

 Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang tanda dalam keenam puisi karya Sapardi Djoko Damono dan secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan puisi Dalam Doa: I, Sajak Desember, Perahu Kertas, Dalam Doaku, Hatiku Selembar daun, dan Hitam Berkata karya Sapardi Djoko Damono berdasarkan analisis semiotik, memperkaya pengajaran puisi terutama dengan nilai-nilai agama sebagai sumbangsih untuk pendidikan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di MTs. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan teknik penelitian menganalisis dari keenam puisi Sapardi Djoko Damono, secara teks dan konteks mengenai nilai-nilai religius. Puisi-puisi yang diteliti dilakukan pengkajian, diinterpretasikan, dan disimpulkan. Simpulan dari kajian tersebut dideskripsikan. Pendeskripsian dilakukan dengan mengetengahkan makna-makna puisi dan nilai-nilai religius berdasarkan pendekatan semiotik

Top