Sebagai guru diharuskan memiliki kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran yang sesuai dengan kompetensi yaitu : "terselenggaranya peningkatan mutu layanan pendidikan". Dengan permasalahan penelitian adalah bagaimana persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009? Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja guru Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah guru non Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 109 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu mengambil seluruh guru non Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 109 sebagai sampel. Variabel penelitian ini adalah persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket (kuesioner). Sedangkan data menggunakan deskriptif dengan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru Penjasorkes pada aspek kompetensi kepribadian sejumlah 102 guru atau 93,58% memiliki persepsi yang baik, aspek kompetensi pedagogik sejumlah 101 guru atau 92,66% memiliki persepsi yang baik, aspek kompetensi profesional sejumlah 95 guru atau 87,16% memiliki persepsi yang baik dan aspek kompetensi sosial sejumlah 91 guru atau 83,49% memiliki persepsi yang baik. Diantara aspek yang ada, paling kecil presentasinya adalah aspek sosial dikarenakan masih banyaknya guru Penjasorkes yang kurang mampu memberikan ide dengan bahasa yang baik bagi kemajuan dalam proses belajar mengajar maupun kurang aktif dalam kegiatan sosial di lingkungannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes tingkat SD di Dabin II Kecamatan Brebes dalam kategori baik, maka penulis memberikan saran: (1) Guru penjasorkes tingkat Sekolah Dasar di Dabin II Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes hendaknya mempertahankan kinerjanya bagi siswa maupun bagi sekolah karena dengan kinerjanya yang baik tersebut tidak hanya dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal tetapi juga akan dapat membantu kelancaran kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sekolah secara umum, oleh karena itu mereka hendaknya berusaha mempertahankan kompetensinya sebagai pendidik melalui berbagai sumber baik membaca berbagai literatur kependidikan maupun lebih aktif dalam mengikuti penataran, pelatihan, seminar, maupun workshop guru yang dilaksanakan instansi terkait. (2) Bagi sekolah hendaknya turut berusaha mengembangkan kompetensi guru dengan memberikan kesempatan dan fasilitas bagi guru penjasorkes untuk mengembangkan kompetensinya. (3) Bagi jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai pencetak guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan hendaknya lebih memperhatikan kembali kualitas dari lulusannya agar saat mereka terjun sebagai tenaga pengajar di sekolah benar-benar memiliki kinerja yang baik
Home » Without Label » PERSEPSI GURU NON PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES) TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PENJASORKES) SD NEGERI