Saturday, 9 May 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA 

 Berbicara merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen terutama di kelas VIII masih rendah khususnya dalam keterampilan berbicara bahasa Arab, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII belum menggunakan strategi-strategi, model pembelajaran dan media pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga dapat menarik minat siswa untuk belajar berbicara bahasa Arab. Salah satu upaya yang ditawarkan sebagai alternatif pemecahan permasalahan diatas adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning time token untuk mendukung siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. 

Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Time Token efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Learning Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang disajikan berhubungan dengan angka-angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. linkdownload

Top