Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran orang tua dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Tahun Ajaran 2011/2012, 2) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesulitan belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Tahun Ajaran 2011/2012, dan 3) Mendeskripsikan jalan keluar dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subyek dalam penelitian adalah orang tua dari anak-anak kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran PKn. Obyek penelitian adalah aspek-aspek dari subyek penelitian yang menjadi sasaran penelitian adalah kesulitan-kesulitan belajar PKn yang dialami oleh anak-anak kelas IV SD Tahun Ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data.
Subyek dalam penelitian adalah orang tua dari anak-anak kelas IV SD Negeri 02 Matesih Tahun Ajaran 2011/2012 yang mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran PKn. Obyek penelitian adalah aspek-aspek dari subyek penelitian yang menjadi sasaran penelitian adalah kesulitan-kesulitan belajar PKn yang dialami oleh anak-anak kelas IV SD Tahun Ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data.