Sunday 10 May 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN IMLA’ BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN IMLA’ BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA

 Pembelajaran imla‟ bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang dianggap sulit dicerna oleh siswa dan sebagian besar menganggap pembelajaran ini menjenuhkan, sehingga dampaknya tujuan pembelajarannyapun belum tercapai secara maksimal. Imla‟ berarti talqin yaitu menyampaikan atau mendiktekan kepada orang lain dengan suara keras agar dia memindahkan secara baik dan benar dari segi bahasa dan mempelajarinya. Salah satu model pembelajaran yang tidak membuat jenuh siswa adalah model Course Review Horay (CRH). Model CRH merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan serta membantu siswa untuk memahami konsep dengan baik karena setiap siswa yang dapat menjawab benar diwajibkan berteriak „horee!!‟ atau yel-yel lainnya yang disukai. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014? dan 2) sejauh mana prestasi siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang setelah diterapkan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dan prestasi belajar siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun ajaran 2013/2014 setelah diterapkan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab. Jenis dan desain penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian tindakan kelas, di dalamnya terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes uraian. Analisis data nontes berupa deskriptif kualitatif dan data tes berupa deskriptif prosentase. 

Top