Monday, 11 May 2015

PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)

PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)

 Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (2) mengetahui prototipe metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (3) mengetahui analisis penilaian guru dan ahli terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), dan (4) mengetahui hasil uji coba keefektifan metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence) terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa soal tes untuk siswa berupa materi pelajaran yang diajarkan, dan tes kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Alat data nontes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, serta angket ujin validitas ahli terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), observasi guru terhadap siswa, observasi penilaian dari siswa, dan dokumentasi foto.link

Top