PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
Berbicara merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang
ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab.
Pembelajaran bahasa Arab di MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen
terutama di kelas VIII masih rendah khususnya dalam keterampilan
berbicara bahasa Arab, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas
VIII belum menggunakan strategi-strategi, model pembelajaran dan media
pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga dapat menarik minat siswa
untuk belajar berbicara bahasa Arab. Salah satu upaya yang ditawarkan
sebagai alternatif pemecahan permasalahan diatas adalah dengan penerapan
model pembelajaran cooperative learning time token untuk mendukung
siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab.
Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) apakah penerapan model
pembelajaran Cooperative Learning Time Token efektif untuk meningkatkan
keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Sultan Agung
Kalibangkang tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini yaitu (1)
untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Learning
Time Token untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa
kelas VIII MTs Sultan Agung Kalibangkang Kebumen tahun ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil
kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol
yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang disajikan
berhubungan dengan angka-angka. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data adalah uji hipotesis. linkdownload