HUBUNGAN INTERAKSI IBU ANAK DAN KEDISIPLINAN DI TAMAN KANAK-KANAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi ibu-anak dan kedisiplinan di Taman Kanak-kanak . Alasan mengambil penelitian ini karena sejumlah anak di TK belum menunjukkan kedisiplinan. Selain itu juga anak usia dini masih dipengaruhi oleh orangtua terutama ibunya, sehingga interaksi ibu-anak dapat mempengaruhi kedisiplinan anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi.
Penelitian ini menggunakansubjek 89 siswa dan 89 ibu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel interaksi ibu anak, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur variabel kedisiplinan. Instrumen yang diberikan berupa angket, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, untuk interaksi ibu anak diperoleh 25 soal yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,917. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis. unduh
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi ibu-anak dan kedisiplinan di Taman Kanak-kanak . Alasan mengambil penelitian ini karena sejumlah anak di TK belum menunjukkan kedisiplinan. Selain itu juga anak usia dini masih dipengaruhi oleh orangtua terutama ibunya, sehingga interaksi ibu-anak dapat mempengaruhi kedisiplinan anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi.
Penelitian ini menggunakansubjek 89 siswa dan 89 ibu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel interaksi ibu anak, sedangkan observasi digunakan untuk mengukur variabel kedisiplinan. Instrumen yang diberikan berupa angket, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, untuk interaksi ibu anak diperoleh 25 soal yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,917. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis. unduh