KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM AKTIVITAS SENI MUSIK DI KELOMPOK B TK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif
anak dalam aktivitas seni musik di TK Kelompok B dalam tingkatan kemampuan kognitif dengan
penilaian pengetahuan dan pemahaman pada anak.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 20 anak yang terdiri
dari 12 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek dari penelitian
ini adalah kemampuan kognitif anak. Data yang terkumpul di
analisis secara kontekstual berdasarkan kemampuan solfegio (unsur seni)
dan kemampuan mengungkapkan kembali sebuah nyanyian.
Data dikumpulkan
melalui observasi tidak terstruktur selama dua kali untuk memperoleh
gambaran tentang kemampuan interaksi sosial antar guru (kolaborator)
dan anak, serta wawancara untuk mengetahui tingkat pemahaman
tentang isi dan makna syair, lagu, dan nada. Dokumentasi untuk
mengetahui gambaran atau keadaan langsung siswa pada saat dilakukan
pembelajaran seni musik. unduh