PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS TEORI KECERDASAN MAJEMUK (MULTIPLE INTELLIGENCE)
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa
terhadap metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis
teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (2) mengetahui
prototipe metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis
teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence), (3) mengetahui
analisis penilaian guru dan ahli terhadap metode pembelajaran
keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk
(multiple intelligence), dan (4) mengetahui hasil uji coba keefektifan
metode pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori
kecerdasan majemuk (multiple intelligence) terhadap siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian research and development (R & D). Data
Penelitian ini melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes yang
digunakan berupa soal tes untuk siswa berupa materi pelajaran yang
diajarkan, dan tes kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Alat
data nontes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan
siswa, serta angket ujin validitas ahli terhadap metode pembelajaran
keterampilan membaca bahasa Arab berbasis teori kecerdasan majemuk
(multiple intelligence), observasi guru terhadap siswa, observasi
penilaian dari siswa, dan dokumentasi foto.link