PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA PEMBELAJARAN IMLA’ BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA
Pembelajaran imla‟ bahasa Arab adalah salah satu pelajaran yang dianggap
sulit dicerna oleh siswa dan sebagian besar menganggap pembelajaran ini
menjenuhkan, sehingga dampaknya tujuan pembelajarannyapun belum
tercapai secara maksimal. Imla‟ berarti talqin yaitu menyampaikan atau
mendiktekan kepada orang lain dengan suara keras agar dia memindahkan
secara baik dan benar dari segi bahasa dan mempelajarinya. Salah satu
model pembelajaran yang tidak membuat jenuh siswa adalah model Course
Review Horay (CRH). Model CRH merupakan model pembelajaran yang dapat
menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan serta membantu
siswa untuk memahami konsep dengan baik karena setiap siswa yang dapat
menjawab benar diwajibkan berteriak „horee!!‟ atau yel-yel lainnya yang
disukai. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah
penerapan model course review horay pada pembelajaran imla‟ bahasa Arab
untuk meningkatkan prestasi siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun
ajaran 2013/2014? dan 2) sejauh mana prestasi siswa kelas X-12 MAN 1
Magelang setelah diterapkan model course review horay pada pembelajaran
imla‟ bahasa Arab?. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui
penerapan dan prestasi belajar siswa kelas X-12 MAN 1 Magelang tahun
ajaran 2013/2014 setelah diterapkan model course review horay pada
pembelajaran imla‟ bahasa Arab. Jenis dan desain penelitian ini adalah
kualitatif dan penelitian tindakan kelas, di dalamnya terdapat dua
siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen
tes yang digunakan berupa tes uraian. Analisis data nontes berupa
deskriptif kualitatif dan data tes berupa deskriptif prosentase.