Saturday, 14 September 2013

Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit Umum

 Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Di Rumah Sakit Umum


Abstract: Perilaku caring merupakan suatu sikap, rasa peduli, hormat dan menghargai orang lain, artinya memberikan perhatian yang lebih kepada seseorang dan bagaimana seseorang itu bertindak karena perilaku caring merupakan perpaduan perilaku manusia yang berguna dalam peningkatan derajat kesehatan dalam membantu pasien yang sakit. Perilaku caring sangat penting untuk mengembangkan, memperbaiki dan meningkatkan kondisi atau cara hidup manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien yang di rawat di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Langsa. Desain penelitian yang digunakan bersifat deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dimulai sejak tanggal 1 November sampai tanggal 30 November 2012.
Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner data demografi dan kuesioner perilaku caring perawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas (80%) menyatakan bahwa perawat di ruang rawat inap sudah menunjukkan perilaku caring dalam melakukan asuhan keperawatan pada klien dan (20%) menyatakan bahwa perilaku perawat tidak caring. Berdasarkan 10 faktor caratif, faktor no. 5 metode pemecahan masalah merupakan faktor yang paling menonjol dilakukan oleh perawat (83,6%). Sedangkan faktor no. 6 merupakan faktor caring yang mempunyai nilai skor paling rendah (74,5%). Berdasarkan hasil diatas penelitian ini merekomendasikan agar Rumah Sakit Langsa dapat menerapkan program model pengembangan perilaku caring perawat sebagai kinerja perawat dapat meningkat lebih jauh sehingga dapat meningkatkan citra Rumah Sakit Langsa secara keseluruhan.




Top