Monday, 15 February 2016

Pengaruh Persiapan fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial

Fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa hanya beberapa mahasiswa saja yang siap dalam mengikuti perkuliahan. Hal ini dapat dilihat dari pasifnya mahasiswa saat menghadapi perkuliahan, baik dalam menjawab pertanyaan dosen maupun bertanya pada dosen, demikian juga dengan banyaknya kecurangan-kecurangan dalam Ujian maupu8n saat mengerjakan tugas seperti mencontek yang dilakukan oleh mahasiswa.kondisi ini dimungkinkan karena kurang siapnya baik dari segi fisik maupun materi perkuliahan oleh mahasiswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimankah persiapan fisik dan persiapan materi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan pada Jurusan Geografi ? (2) adakah pengaruh yang nyata antara persiapan fisik dan persiapan materi terhadap kesiapan mahasiswa menghadapi perkuliahan pada Jurusan Geografi FIS UNNES. Manfaat dari penelitian ini antara lain : (1) Memberikan gambaran kepada Jurusan tentang persiapan perkuliahan mahasiswa dan kondisi perkuliahan mahasiswa sebagai masukan dalam mengambil kebijakan untuk memajukan Sumber Daya Manusia di Jurusan Geografi. (2) Memberikan informasi pada mahasiswa cara mempersiapkan diri yang baik dalam menghadapi perkuliahan. (3) memberi masukan pada dunia pendidikan tentang faktor-faktor yang sangat mempengaruhi kesiapan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES sebanyak 182 mahasiswa. Karena persebaran populasi pada kelas-kelas berdasarkan tingkat semester dan program studi, maka untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili populasi yang ada sampel diambil dengan tehnik stratified proportional random sampling sebanyak 47 mahasiswa. Variabel yang diteliti ada 3, yaitu persiapan fisik, persiapan materi perkuliahan sebagai variabel bebes dan kesiapan mengikuti perkuliahan sebagai variabel terikat. Data diambil dengan tehnik angket, dan analisis data menggunaka analisis regrsi ganda. Sebelum melaksanakan penelitian, diadakan ujicoba penelitian untuk menguji validitas instrumen. Ada 28 soal yang diujicobakan pada 20 responden, berdasarkan hasil analisis validitas, diperoleh rxy untuk setiap item lebih besar dari pada rtabel pada n = 20 yaitu 0,444 yang berarti instrrrumen tersebut valid. Dan hasil dari analisis realibilitas setiap instrumen mempunyai koefisien releabilitas lebih besar dari rtabel (0,444) yang berarti instrumen tersebut reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh yamg nyata signifikan antara persiapan fisik terhadap kesiapan mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES menghadapi perkuliahan . hal ini dapat dilihat dari hasil ji Parsial diperoleh thitung untuk persiapan fisik sebesar -0,346 dengan probabilitas 0,731>0,05 yang berarti hipotesis ditolak. Sedangkan sumbangan efektif dari persiapan fisik terhadap kesiapan mengikuti perkuliahan hanya 0,3 %. Dan hasil uji Parsial untuk persiapan materi terhadap kesiapan mengikuti perkuliahan diperoleh thitumh 3,101 dengan probabilitas 0,005 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang nyata antara persiapan materi perkuliahan terhadap kesiapan mahasiswa Jurusan Geografi mengikuti perkuliahan dengan sumbangan efektif 18,5 %. Jadi secara keseluruhan sumbangan efektif yang diberikan antara persiapan mfisik, persiapan materi perkuliahan terhadap kesiapan mahasiswa menghadapi perkuliahan sebesar 18,8 % dan yang 81,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar persiapan fisik maupun persiapan materi perkuliahan. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa yang berpengaruh terhadap kesiapan mahaiswa Jurusan Geografi dalam mengikuti perkuliahan adalah kesiapan materi. Disarankan pada mahasiswa anatara lain : (1) bagi mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES hendaknya dapat lebih meningkatkan persiapan materi untuk dapat mengikuti perkuliahan secara baik. (2) Bagi mahasiswa yang mempunyai persiapan fisik yang baik, hendaknya diikuti dengan persiapan materi yang lebih baik sehingga hasil perkuliahan lebih optimal. Untuk meningkatkan persiapan materi yang baik mahasiswa dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut : (1) melengkapi buku-buku pelajaran. (2) membuat rangkuman. (3) Mencatat hal-hal penting. (4) membaca secara efektif. (5) menganalisis soal dan tugas. (6) teratur dalam belajar.


Top