Friday 20 September 2013

PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP STRATEGI PERLUASAN MEREK (BRAND EXTENTION)

PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP STRATEGI PERLUASAN MEREK (BRAND EXTENTION)


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap brand equity merek 347/eat; (2) Untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap strategi perluasan merek (brand extention) 347/eat; (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand equity terhadap strategi perluasan merek (brand extension) pada 347/eat Clothing Company Bandung.

Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif, dengan metode: (1) Metode Survei (2) Metode Pengembangan (3) Metode Korelasi, untuk menentukan pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung. Dengan teknik pengumpulan data melalui: (a) Observasi (b) Studi pustaka (c) Angket/ kuesioner. Untuk mendapatkan deskriptif dari masing-masing variabel dilakukan analisis terhadap instrumen kuesioner dengan mengumpulkan skor sebagai hasil penilaian dari masing-masing responden dengan indikator skala 1 sampai 5 yang menginterprestasikan dari kondisi sangat baik, baik, sedang, tidak baik, dan sangat tidak baik. Untuk mencari seberapa kuat pengaruh keberhasilan merek terhadap strategi perluasan merek, maka dilakukan uji korelasi dengan menggunakan metode statistik Rank Spearman (rs) yang diteruskan dengan mencari persentase pengaruh brand equity terhadap strategi perluasan merek (brand extention) pada 347/eat Clothing Company Bandung dengan rumus koefisien.




Dari hasil analisis kuesioner terhadap brand equity diketahui bahwa nilai rata-rata kesetujuan responden terhadap seluruh indikator pada kuesioner adalah sebesar 3,8 dengan skor skala 1-5 berarti bahwa brand equity sebagai variabel x pada 347/eat Clothing Company Bandung adalah baik. Sedangkan hasil analisis kuesioner terhadap strategi perluasan merek diketahui bahwa nilai rata-rata kesetujuan terhadap seluruh indikator pada kuesioner adalah sebesar 3,24 dengan skor skala 1-5 berarti bahwa strategi perluasan merek sebagai variabel y pada 347/eat Clothing Company Bandung adalah sedang (cukup). Dari hasil uji korelasi dengan menggunakan rumus Rank Spearman (rs) terhadap brand equity sebagai variabel x dengan strategi perluasan merek sebagai variabel y menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,997 berarti bahwa brand equity mempengaruhi strategi perluasan merek pada 347/eat Clothing Company Bandung dengan pengaruh sangat kuat dengan nilai koefisien determinasi sebesar 99,5% mengindikasikan bahwa variabel brand equity sebagai variabel x mempengaruhi strategi perluasan merek sebagai variabel y pada 347/eat Clothing Company Bandung dengan nilai hampir sempurna (absolute).

Daftar isi


BAB I


BAB II

Daftar Pustaka


Top