Thursday 9 January 2014

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI : Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kota Sukabumi

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh faktor kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi dengan sampel sebanyak 218 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan menggunakan angket sebagai alat pengumpul data dan teknik statistic menggunakan regresi linier berganda, dalam analisis data menggunakan bantuan program SPSS 17.00 for Windows.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,544 atau 54,4%, artinya bahwa secara simultan kecerdasan emosional dan motivasi belajar memberikan kontribusi pengaruh sebesar 54,4% terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Sukabumi pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Sukabumi pada mata pelajaran ekonomi, dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 15,3%. Sementara, secara parsial motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Sukabumi pada mata pelajaran ekonomi, dengan kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 39,1%.

Kata Kunci : kecerdasan emosional, motivasi belajar, prestasi belajar Abstract The purpose of this study is to determine the influence of emotional intellience and motivation on student achievement on economic subjects. In this study, the research object is in the tenth grade students of SMA Negeri 1 Sukabumi with sample of 218 students. The method used in this study is a survey using a questionnaire as a means of collecting data and statistical techniques using multiple linear regression, analysis of data using SPSS 17.00 for Windows. Based on the research results, the value of the coefficient of determination (R2) of 0.544 or 54.4%, meaning that simultaneous emotional intelligence and motivation to contribute 54.4% influence on student achievement class X SMA Negeri 1 Sukabumi on subjects economy. The result showed that the partial findings of emotional intelligence have a significant effect on student achievement class X SMA Negeri 1 Sukabumi on economic subjects, the contribution of influence exerted by 15.3 %. Meanwhile, partial motivation to learn a significant effect on student achievement class X SMA Negeri 1 Sukabumi on economic subjects, the effect of a given contribution of 39.1 % Keywords: emotional intelligence , motivation to learn , academic achievement

download here
 http://repository.upi.edu/4636/1/S_PEK_0901757_Title.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/2/S_PEK_0901757_Abstract.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/3/S_PEK_0901757_Table_of_content.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/4/S_PEK_0901757_Chapter1.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/5/S_PEK_0901757_Chapter2.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/12/S_PEK_0901757_Chapter3.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/8/S_PEK_0901757_Chapter5.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/7/S_PEK_0901757_Chapter4.pdf
 http://repository.upi.edu/4636/13/S_PEK_0901757_Appendix.pdf


Top